Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara berdaulat sesuai dengan amanat UUD 1945 dan Pancasila. Dimana Pemerintah harus menjalankan cita-cita luhur dari kemerdekaan dan para pendiri bangsa. Badan Ketahanan Nusantara Republik Indonesia (BKN RI) dibetuk sebagai Badan Independen yang bergerak dalam semua bidang Ketahanan Nasional dalam rangka mendukung Pemerintah untuk mewujudkan Ketahanan Nasional Republik Indonesia, baik di bidang Hukum, Politik, Ekonomi, maupun Sosial Budaya.

Badan Ketahanan Nusantara Republik Indonesia (BKN RI) dalam menjalankan kegiatannya berpedoman pada UUD 1945, Pancasila, serta seluruh Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Badan Ketahanan Nusantara Republik Indonesia (BKN RI) memiliki tujuan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi 17 Agustus 1945 sebagai pengamalan pancasila dan tercapainya masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Badan Ketahanan Nusantara Republik Indonesia (BKN RI) merupakan wadah memperjuangkan hak-hak asasi manusia, persamaan hak, derajat, dan wawasan yang luas di tengah masyarakat nusantara. BKN RI juga sebagai wadah pembinaan, pelatihan, pengembangan dan pemberdayaan potensi masyarakat khususnya di wilayah perbatasan. Selain itu, BKN RI juga sebagai wadah pengarahan, realisasi integritas yang bertujuan meningkatkan harkat dan martabat masyarakat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

VISI

Mewujudkan cita-cita luhur para pendiri bangsa sebagai pengamalan pancasila dan demi terwujudnya masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.


MISI

  • Menghimpun segenap tumpah darah Indonesia ke dalam satu wadah yang representatif untuk melindungi kepentingan bersama dan mensejahterakan anggota.
  • Menghimpun masyarakat yang mempunyai latar belakang aktivis, para penggiat dan pekerja baik di bidang ekonomi, politik, hukum, maupun sosial budaya untuk mewujudkan cita-cita bersama.
  • Menggali, membina, mengembangkan potensi, serta menyalurkan kemampuan dan daya kreasi anggota dalam upaya memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.
  • Membina dan menumbuhkan jiwa tertib hukum dan iklim demokrasi yang sehat di masyarakat.
  • Memberi penyuluhan, bimbingan, bantuan serta perlindungan hukum bagi anggota maupun masyarakat yang tertindas hak nya dan menjadi korban kesewenang-wenangan dalam persoalan hukum.
  • Membina para anggota dan masyarakat agar berkepribadian nasionalis dan berbudi luhur mengamalkan PANCASILA